Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK HUBUNGAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Jumilah Susanti (2014) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK HUBUNGAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan sosial dalam membentuk hubungan sosial siswa dan untuk mengetahui factor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhipelaksanaan layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan sosial dalam membentuk hubungan sosial siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Masalah yang ditemukan peneliti di lapangan adalah guru pembimbing telah melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan maksimal akan tetapi, di sekolah ditemukan masih ada siswa yang mengalami masalah hubungan sosial.Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru pembimbing dan 42 orang siswa.Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Bidang Bimbingan Sosial dalam Membentuk Hubungan Sosial Siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan sosial dalam membentuk hubungan sosial siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru telah terlaksana.Dalam pelaksanaannya, Guru pembimbing memberikan salam pembuka dan menerima anggota serta mengucapkan terima kasih. Guru pembimbing memulai kegiatan dengan berdoa. Guru pembimbing menjelaskan pengertian, tujuan, cara dan asas bimbingan kelompok kepada siswa. Guru pembimbing mempersilahkan masing-masing anggota kelompok untuk memperkenalkan diri dan dilanjutkan dengan permainan. Guru pembimbing menjelaskan kembali tentang bimbingan kelompok kepada para anggota kelompok dan memberi contoh topik tugas yang akan dibahas anggota kelompok dalam membentuk hubngan sosial.Guru pembimbing menanyakan kesiapan anggota kelompok untuk kegiatan lebih lanjut. Guru pembimbing mengemukakan topik tugas untuk dibahas anggota kelompok dalam membentuk hubungan sosial. Guru pembimbing melakukan tanya jawab tentang topik yang telah dikemukakan kepada anggota kelompok dalam membentuk hubungan sosial.Guru pembimbing melakukan pembahasan topik tersebut secara tuntas dengan anggota kelompok dalam membentuk hubungan sosial. Guru pembimbing menegaskan komitmen para anggota kelompok berkenaan dengan topik tersebut dalam membentuk hubungan sosial. Guru pembimbing meminta anggota kelompok mengemukakan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai anggota kelompok dalam membentuk hubungan sosial. Guru pembimbing memberikan laiseg untuk mengukur tingkat pemahaman anggota kelompok berkenaan dengan membentuk hubungan sosial. Guru pembimbing mengucapkan terima kasih dan menutup kegiatan dengan berdoa.Sedangkan hasil kroscek yang telah dilakukan kepada siswa menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan sosial dalam membentuk hubungan sosial siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru berada pada ketegori cukup maksimal hal ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi angket dengan persentase 68.425%. faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok bidang bimbingan sosial dalam membentuk hubungan sosial siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru adalah faktor internal yang meliputi kepribadian atau profil guru pembimbing, pendidikan guru pembimbing, pengalaman guru pembimbing, kemampuandan keterampilan guru pembimbing, faktor eksternal yang meliputi waktu, sarana dan prasarana, dana dan kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:40
Last Modified: 05 Aug 2016 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item