Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQIH MUAMALAH ATAS UPAH PRAKTIK JASA PERBAIKAN BARANG ELEKTRONIK DI TOKO KLINIK HP SERVICE JL. KAHARUDIN NASUTION KELURAHAN AIR DINGIN

MUHAMMAD ALI MAHMUDIN, - (2022) TINJAUAN FIQIH MUAMALAH ATAS UPAH PRAKTIK JASA PERBAIKAN BARANG ELEKTRONIK DI TOKO KLINIK HP SERVICE JL. KAHARUDIN NASUTION KELURAHAN AIR DINGIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ALI MAHMUDIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ali Mahmudin, 2022: Tinjauan Fiqih Muamalah Atas Upah Praktik Jasa Perbaikan Barang Elektronik di Klinik Hp Service Jl. Kaharudin Nasution Kelurahan Air Dingin. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti tentang pelaksanaan upah mengupah di toko Klinik Hp Service. Upah mengupah (Ijarah) merupakan suatu bentuk adanya interaksi sesama manusia sebagai salah satu usaha diantaranya memenuhi kebutuhan hidupnya. Ijarah yang tidak memenuhi salah satu rukun atau syarat adalah Ijarah yang berakibat tidak sahnya transaksi tersebut. Permasalahan ini mengakibatkan salah satu pihak mengalami kerugian atas tindakan ini. Seperti yang terjadi dalam pelaksanaan sistem upah-mengupah atas jasa perbaikan barang elektronik di toko Klinik Hp Service, dengan melakukan transaksi service barang elektronik seperti Hp, dan lainnya dengan adanya penambahan biaya, yakni harga yang berbeda ketika diawal saat memperbaiki dengan saat mengambil barang elektronik yang sudah selesai diperbaiki. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam latar belakang keadaan yang terjadi dan interaksi antara unit-unit sosial yang bersifat apa adanya, individu, kelompok, serta para pengguna jasa toko Klinik Hp Service. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Sumber data yang digunakan digunakan adalah data primer dan sekunder. Jenis data yang digunakan yang digunakan adalah data kualitatif. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokmentasi sebagai data-data dilapangan dan juga melakukan studi kepustakaan untuk kajian studi muamalah dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Adapun data primer merujuk pada buku fiqih muamalah dan buku fiqih sunnah. Data-data tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif dan disimpulkan secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, jika ditinjau berdasarkan fiqh muamalah Dalam hal ini upah-mengupah jasa perbaikan barang rusak elektronik di Toko Klinik Hp service belum sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan menurut aturan syara’ karena ada beberapa konsumen yang tidak mengetahui harga dan juga kontrak sepenuhnya seperti masa garansi dan lain-lain. Kata Kunci: Upah Mengupah, Perbaikan Hp, Pengguna Jasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:26
Last Modified: 28 Jul 2022 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62559

Actions (login required)

View Item View Item