Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV

Muhammad Fajri, - (2022) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Fajri, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis pendekatan Open-Ended yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN 02 Rumbio Jaya pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah validator dan siswa kelas VIII SMPN 02 Rumbio Jaya. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan Open-Ended pada materi SPLDV. Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar posttest. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis pendekatan Open-Ended yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 86,69%, sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 89,22%, dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 91,56%. Selanjutnya untuk efektifitas LKS diperoleh t hitung > t yaitu 2,83 > 1,69 dengan dk = 38 serta menggunakan taraf signifikan 5% atau 0.05 sehingga H tabel diterima yang artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes kelas eksperimen (33) lebih tinggi dari rata-rata hasil tes kelas kontrol (29,25) . Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukan bahwa LKS yang kembangkan sudah dapat dikatakan efektif. a Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan OpenEnded, Kemampuan Komunikasi Matematis, SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:39
Last Modified: 28 Jul 2022 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62544

Actions (login required)

View Item View Item