Zarnita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Creative Problem Solving dengan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi pada bulan 28 April sampai 21 Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian inia dalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Singingi yang berjumlah 36 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 ( kelas eksperimen) dan XI IPA 2 (kelas kontrol) yang telah di uji homogenitasnya menggunakan uji varians. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu asam basa, pretest dan posttest sebagai data akhir. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,24 dan ttabel = 2,02 dan menunjukkan thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan metode Demonstrasi. Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif, Creative Problem Solving, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar dan Koloid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 06:50 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6254 |
Actions (login required)
View Item |