Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET

MIFTAHUL JANNAH, - (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Miftahul Jannah, (2022) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Means-Ends Analysis (MEA) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa serta minimnya bahan ajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Means-Ends Analysis (MEA) yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Subjek penelitian ini adalah 1 orang dosen sebagai ahli instrumen penelitian, 3 orang dosen sebagai ahli teknologi pendidikan, 3 orang dosen sebagai ahli materi pembelajaran, 1 orang dosen dan 1 orang guru matematika sebagai ahli instrumen soal tes, serta siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Siak Hulu. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok kecil, 26 orang siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 26 orang siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model Means-Ends Analysis (MEA) pada materi barisan dan deret. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model Means-Ends Analysis (MEA) dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,82%. Sementara berdasarkan hasil uji praktikalitas, diperoleh bahwa LKS berbasis model MeansEnds Analysis (MEA) dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 87,94% untuk kelompok kecil dan 85,64% untuk kelompok besar. Berdasarkan hasil post test diperoleh nilai sebesar dan nilai dengan pada taraf signifikan 5% sebesar , maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperimen yang menggunakan LKS berbasis model Means-Ends Analysis (MEA) dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS berbasis model Means-Ends Analysis (MEA) yang dikembangkan ini telah valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Pengembangan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Means-Ends Analysis (MEA), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Barisan dan Deret.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:47
Last Modified: 28 Jul 2022 02:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62538

Actions (login required)

View Item View Item