Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KUNTO DARUSSALAM

MUHAMMAD ARIFIN, - (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 KUNTO DARUSSALAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Gabungan Skripsi Kecuali BAB IV.pdf

Download (40MB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Arifin (2022): Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 4 Kunto Darussalam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa SMP Negeri 4 Kunto Darussalam yang belum optimal memiliki kemampuan koneksi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada atau tidaknya perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran metakognitif dan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah, serta melihat ada atau tidaknya interaksi antara pengetahuan awal matematika siswa dengan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Factorial-Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kunto Darussalam tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.C 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes berupa intrumen soal tes kemampuan koneksi matematis dan tes pengetahuan awal matematika. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji-t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada siswa SMP. 2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah pada siswa SMP. 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran metakognitif dengan pengetahuan awal matematika siswa terhadap kemampuan koneksi matematis pada siswa SMP. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Metakognitif, Kemampuan Koneksi Matematis, Pengetahuan Awal Matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:05
Last Modified: 29 Jul 2022 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62513

Actions (login required)

View Item View Item