Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITME EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT) PADA PENGELOLAAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ)

Ifa Fauziah, - (2022) MARKET BASKET ANALYSIS DENGAN ALGORITME EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT) PADA PENGELOLAAN PERSEDIAAN MENGGUNAKAN ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ). Market Basket Analysis With Equivalence Class Transformation Algorithm (ECLAT) For Inventory Management Using Economic Order Quantity (EOQ). ISSN 2169-8767 (In Press)

[img]
Preview
Text
IFA FAUZIAH-11850222437.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

212 Mart merupakan retail yang menjual kebutuhan pokok dengan kualitas produk yang terjamin, harga dan suasana yang nyaman. Namun seiring berjalannya waktu, muncul pesaing baru. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk mempertahankan bisnis Ritel tersebut. Terdapat permasalahan dalam pengelolaan persediaan yaitu terjadinya kekosongan atau kehabisan barang yang dapat menyebabkan konsumen beralih ke kompetitor untuk mencari barang sejenis dan akan berdampak pada penurunan penjualan. ECLAT dan EOQ dapat diterapkan untuk masalah ini. ECLAT bertujuan untuk mencari kombinasi produk yang paling sering dibeli secara bersamaan, sedangkan EOQ bertujuan untuk mencari jumlah barang yang akan dipesan dari pemasok agar pesanan dapat dilakukan dalam jumlah yang optimal dan ekonomis. Analisis dilakukan dengan menggunakan kumpulan data transaksi penjualan sebanyak 85.038 transaksi pada periode 2021. Data dipelajari menggunakan algoritma ECLAT dengan minimum support 0.1% mendapatkan 20 aturan dengan nilai minimum confidence 30%. Diketahui produk yang paling sering muncul yang akan digunakan dalam perhitungan EOQ adalah 21 jenis produk. Hasil penerapan EOQ didapatkan total jumlah produk yang akan dipesan sebanyak 536 item untuk setiap pemesanan.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:29
Last Modified: 28 Jul 2022 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62427

Actions (login required)

View Item View Item