Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 018 Penyasawan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.

Wawan Supriyono, - (2022) Penerapan Metode pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 018 Penyasawan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)

Abstract

ABSTRAK Wawan Supriyono, (2022): Penerapan Metode pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 018 Penyasawan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode pembelajaran Talking Stick di kelas V SDN 018 Penyasawan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru dan 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Talking Stick dan kemampuan mengemukakan pendapat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Taling Stick dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dapat ketahui dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat hanya mencapai 45% atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode pembelajaran Talking Stick pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam mengemukakan pendapat meningkat menjadi 77% atau tergolong cukup. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 91% atau tergolong baik. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dikelas V SDN 018 Penyasawan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Kata kunci: Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Metode Pembelajaran Talking Stick

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:15
Last Modified: 28 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62407

Actions (login required)

View Item View Item