Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA HASH BASED UNTUK ANALISIS POLA PEMILIHAN MATA KULIAH PILIHAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Desra Rizki Riyandi, - (2022) PENERAPAN ALGORITMA HASH BASED UNTUK ANALISIS POLA PEMILIHAN MATA KULIAH PILIHAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB 1-3 & 5 BESERTA LAMPIRAN DESRA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)

Abstract

Mata kuliah pilihan merupakan sebuah cara yang digunakan oleh jurusan dalam rangka meningkatkan mutu dan skill mahasiswa. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang salah mengambil mata kuliah pilihan karena tidak menyadari potensi dalam dirinya yang mengakibatkan menurunnya prestasi akademik mahasiswa tersebut. Selama ini juga belum ada penyimpanan data yang digunakan sebagai history atau bahan pertimbangan bagi mahasiswa. Asosiasi menjadi salah satu solusi pencarian pola pada data mining dengan bantuan algoritama hash bashed. Algoritma ini mampu memperbaiki kelemahan algoritma apriori dalam menentukan frequent itemset. Algoritma Hash-based merupakan algoritma yang menggunakan teknik hashing untuk menyaring keluar itemset yang tidak penting untuk pembangkitan itemset selanjutnya.Aturan pola yang didapatkan dari total data sejumlah 530 data menghasilkan pola akhir 3 itemset dengan pola faktor dosen pengampu, minat tersendiri dan, topik tugas akhir (DS,MN,TA) dengan nilai confidence tertinggi senilai 73%, sehingga menjadi faktor yang paling mepengaruhi mahasiswa dalam memilih mata kuliah pilihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:26
Last Modified: 27 Jul 2022 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62342

Actions (login required)

View Item View Item