Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN GERAK TIRU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII MTS JABAL NUR KANDIS.

DEFRI RAHMADTULLAH, - (2022) EFEKTIFITAS METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN GERAK TIRU UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII MTS JABAL NUR KANDIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARAB DEFRI RAHMADTULLAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Defri Rahmadtullah, (2022): Efektifitas Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Permainan Gerak Tiru Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Permainan Gerak Tiru Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis, dengan melihat ada tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata bahasa Arab baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Permainan Gerak Tiru Efektif Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa Kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis tahun ajaran 2020/2021, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas Kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Jabal Nur Kandis dan objek penelitian adalah Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Permainan Gerak Tiru Efektif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis. Karena berdasarkan dari hasil pretest dan post test di kelas eksperimen, peneliti mendapatkan nilai 2,8 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 1,6. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung = 7,14 lebih besar dari ttabel = 1,67 dan taraf signifikansi 5% , ini berarti bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan kata lain Penerapan Metode Permainan Papan (Board Game) Efektif untuk Meningkatkan Penerapan Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Permainan Gerak Tiru Efektif Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII MTs Jabal Nur Kandis. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Demonstrasi, Permainan Gerak Tiru, Penguasaan Kosakata Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:47
Last Modified: 27 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62332

Actions (login required)

View Item View Item