Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN FUZZY TIME SERIES MENGGUNAKAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION PADA PREDIKSI NILAI TUKAR PETANI SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN (NTPP)

Arnilika Wahyudi, - (2022) PENERAPAN FUZZY TIME SERIES MENGGUNAKAN PARTICLE SWARM OPTIMIZATION PADA PREDIKSI NILAI TUKAR PETANI SUBSEKTOR TANAMAN PANGAN (NTPP). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Bab 1,2,3,5,lampiran-Arnilika Wahyudi_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Bab4-Arnilika Wahyudi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) menggunakan Nilai Tukar Petani (NTP) sebagai salah satu indikator untuk mengukur tingkat kesejahteraan atau kemampuan daya beli petani. Kesejahteraan petani merupakan arah dan tujuan pembangunan pertanian, perlu dilakukannya prediksi nilai NTP agar dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait dalam mempersiapkan tindakan-tindakan pencegahan apabila nilai NTP turun dari periode sebelumnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi Nilai Tukar Petani subsektor tanaman pangan (NTPP) di Provinsi Riau menggunakan metode Fuzzy Time Series (FTS) yang dioptimasi Particle Swarm Optimization (PSO) untuk satu bulan mendatang. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website BPS, metode fuzzy dengan penentuan interval menggunakan rumus sturgess menghasilkan banyak interval 8 dan menggunakan parameter yang sudah dioptimalkan. Parameter PSO yang dioptimalkan terdiri dari jumlah partikel sebesar 40, jumlah iterasi sebesar 20, bobot inersia (w) sebesar 0,7 serta nilai c1 sebesar 1,5 dan c2 sebesar 0,5. Menghasilkan nilai fitness MSE terbaik sebesar 2,029 dan nilai MAPE sebesar 1,00%. Kata kunci: fuzzy time series, nilai tukar petani, particle swarm optimization, prediksi, sturgess.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:47
Last Modified: 27 Jul 2022 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62314

Actions (login required)

View Item View Item