Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA SISTEM MESIN BOILER (STUDI KASUS : PT SAN DUMAI)

FAJAR MUHARRAMI FIRMAN, - (2022) USULAN PERENCANAAN PERAWATAN MESIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) PADA SISTEM MESIN BOILER (STUDI KASUS : PT SAN DUMAI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL)
BAB IV HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Fajar Muharrami Firman.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PT. SAN (Sarana Agro Nusantara) adalah perusahaan (Usaha Jasa Pengurusan Transportasi) UJPT atau freight forwarding (Usaha Pengiriman Barang atau Minyak). Perusahaan ini memiliki fasilitas dan layanan antara lain tangki timbun untuk minyak kelapa sawit dan fraksinya serta gula tetes, jasa pergudangan untuk komoditi karet, teh, coklat, kopi dan tembakau. PT SAN berlokasi di Jalan Laksamana, Kota Dumai. Jadwal kerja perusahaan mulai pukul 08.00-24.00 WIB setiap hari senin- sabtu. PT SAN mempunyai 2 mesin yaitu mesin pompa dan mesin boiler. Seringnya terjadi kerusakan pada komponen mesin boiler diantaranya safety valve, flowmeter, coupling, bearing, dan ring. Berdasarkan dari latar belakang yang didapat bahwa metode yang digunakan untuk memberi solusi tindakan dan usulan jadwal perawatan pada proses produksi mesin boiler adalah Reliability Centered Maintenance (Rcm). Dimana hasil interval penggantian waktu Pencegahan/Perbaikan untuk safety valve yaitu 600 jam dengan kehandalan 77,58%, komponen flowmeter yaitu 500 jam dengan kehandalan 53,31%, coupling yaitu 390 jam dengan kehandalan 87%, komponen bearing yaitu 500 dengan kehandalan 87%, dan ring yaitu 496 jam dengan kehandalan 75,49%. Kata Kunci : Pemilihan tindakan, Perawatan, Reliability Centered Maintenance

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:56
Last Modified: 27 Jul 2022 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62310

Actions (login required)

View Item View Item