Rizki Suganda, Rizki (2022) PERENCANAAN KOMUNIKASI DINAS PEMUDA OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DALAM MEMPROMOSIKAN DESA RANTAU LANGSAT (CAMPING GROUND) SEBAGAI OBJEK WISATA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perencanaan komunikasi merupakan tahapan yang seharusnya oleh dilakukan oleh setiap instansi guna mensukseskan rencana agenda yang akan dilaksanakan. Perencanaan komunikasi juga dapat dilakukan untuk dapat mempromosikan suatu hal. Begitu pula halnya dengan objek wisata, dimana setiap objek wisata memiliki daya tarik dan ciri khusus yang membedakannya dari objek wisata lainnya. Hal tersebut menjadikan perencanaan komunikasi adalah hal penting untuk dilakukan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu guna mempromosikan Desa Rantau Langsat (camping ground) sebagai Objek Wisata Daerah Kabupaten Indragiri Hulu mengingat fenomena yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini seperti penurunan jumlah pengunjung yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Indragiri Hulu. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi serta peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dari keempat Perencanaan Komunikasi yang dikemukakan oleh Scoot M. Cutlip dan Allen H. Center, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu menggunakan seluruh Perencanaan Komunikasi yaitu Penemuan Fakta (Fact Finding) seperti menemukan permasalahan seperti penurunan jumlah kunjungan wisatawan dan fasilitas yang rusak, Perencanaan (Planning) seperti melakukan perencanaan kegiatan promosi melalui komunikasi secara internal dan pemilihan jenis media yang sesuai, Komunikasi (Communication) seperti melakukan komunikasi melalui media massa dan sosial media untuk melancarkan kegiatan promosi, Evaluasi (Evaluation) Seperti menemukan suatu kekurangan pada aspek komunikasi dan memaksimalkannya dimasa yang akan datang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Komunikasi, Promosi, Pelanggan, Objek Wisata |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 07:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62295 |
Actions (login required)
View Item |