Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESIA DALAM PEMBINAAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PETANI DI KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA

Mahmud Malikul Haq Pohan, Malikul (2022) PERAN HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESIA DALAM PEMBINAAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PETANI DI KABUPATEN PADANG LAWAS SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para petani di Kabupaten Padang Lawas, masyarakat petani mengalami beberapa kendala dalam menyelenggarakan usaha tani mereka baik dari kondisi internal penyakit hama, kurangnya wawasan serta keilmuan tentang cara pertanian modern, kondisi eksternal kurangnya perhatian dari pemerintah. Peran HKTI yang dikemukakan oleh Moeldoko yaitu: Konsolidasi Organisasi, Pendampingan Petani, Koordinasi dan Komunikasi, Sosial Enginnering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Peran Himpunan Kerukunan Tani Indonesia dalam pembinaan peningkatan produktivitas petani di Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, satu orang ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia sebagai informan kunci dan 3 orang anggota selaku informan pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa HKTI berperan sebagai agen pembawa perubahan dalam upaya memberdayakan masyarakat petani sesuai dengan teori dari Moeldoko dikategorikan menjadi 4 yaitu: Konsolidasi Organisasi yang sudah berjalan untuk membantu menyelesaikan permasalahan seperti memberantas hama, mati rungkuk pada padi, Pendampingan Petani yang sudah berjalan untuk meningkatkan hasil produksi budidaya jamur tiram oleh petani dan didampingi oleh HKTI, Koordinasi dan Komunikasi, HKTI membantu menghubungkan petani dengan pemerintah, dunia usaha, lembaga keuangan, dan komunitas sehingga HKTI menjadi yang terdepan dalam meningkatkan kesejahteraan petani, Sosial Enginnering yang sudah berjalan untuk memberikan nilai tambah produk pertanian dari hulu kehilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Coaching, Improvement, Productivity
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Jul 2022 08:14
Last Modified: 27 Jul 2022 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62293

Actions (login required)

View Item View Item