Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KONSEP KAFA’AH DALAM PERNIKAHAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN PEMATANG REBA KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU)

ELDION FACHLEVI, - (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KONSEP KAFA’AH DALAM PERNIKAHAN (STUDI KASUS DI KELURAHAN PEMATANG REBA KECAMATAN RENGAT BARAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU). Skripsi thesis, SYARIAH DAN HUKUM.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

ABSTRAK Eldion Fachlevi, (2022): Tinjauan hukum Islam terhadap pemahaman masyarakat tentang konsep KAFA'AH dalam pernikahan studi kasus di kelurahan pematang Reba Kecamatan Rengat barat kabupaten Indragiri Hulu Penulisan skripsi dilatarbelakangi oleh dianjurkannya menerapkan konsep kafa’ah di dalam pernikahan. Kafa’ah adalah kesesuaian atau kesepadanan antara suami istri, baik menyangkut agama, ilmu, akhlak, status sosial maupun harta. Oleh karena itu konsep persamaan dan persesuaian dalam kafa’ah memiliki beberapa aspek yaitu agama, ilmu, akhlak, status sosial dan yang terakhir harta. Berdasarkan pendapat ulama bahwa sebelum dilakukannya akad pernikahan perlu dipertimbangkan oleh calon istri dan para wali agar mereka tidak mendapatkan sesuatu yang bagi mereka dianggap aib. Terlebih bila sudah melangsungkan pernikahan bisa-bisa saja menular kepada anak cucu mereka. Oleh karenanya, bagi wali dan calon istri punya hak menolak bila merasa calon laki-laki tidak sekufu. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan konsep kafaah dalam pernikahan di kelurahan pematang reba kecamatan rengat barat kabupaten indragiri hulu dan bagaimana tinjauan hukum islam tentang konsep kafa’ah di kelurahan pematang reba kecamatan rengat barat kabupaten indragiri hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pelaksanaan konsep kafaah dalam pernikahan di kelurahan pematang reba kecamatan rengat barat kabupaten indragiri hulu dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam tentang konsep kafa’ah dalam pernikahan di kelurahan pematang reba kecamatan rengat barat kabupaten indragiri hulu. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber yang diapakai meliputi sumber primer yaitu: melakukan wawancara terhadap 5 orang masyarakat yang akan menikah dan menikahkan anaknya. Sedangkan objeknya adalah pelaksanaan kafa’ah dalam pernikahan di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Hasil dari penelitian adalah pelaksanaan kafa’ah dalam pernikahan sudah sesuai dengan konsep kesetaraan meskipun belum maksimal dan kurangnya pengetahuan tentang ilmu agama menyebabkan pelaksanaan kafa’ah dalam pernikahan di Kelurahan Pematang Reba belum maksimal. Kata kunci : Pernikahan, kafa’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:53
Last Modified: 27 Jul 2022 07:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62273

Actions (login required)

View Item View Item