Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Korelasi Kegiatan Muhadhoroh dan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Kemampuan Berdakwah Santri Pondok Pesantren Teknologi Riau”. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

M. Nanang Alfarouq, - (2022) Korelasi Kegiatan Muhadhoroh dan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Kemampuan Berdakwah Santri Pondok Pesantren Teknologi Riau”. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Thesis thesis, PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

ABSTRAK M. Nanang Alfarouq : “Korelasi Kegiatan Muhadhoroh dan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan Kemampuan Berdakwah Santri Pondok Pesantren Teknologi Riau”. Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan Muhadhoroh merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di pondok pesantren dalam rangka melatih santri untuk tampil di depan umum dan menyampaikan pesan agama yang baik. Pembelajaran Al-Quran hadits merupakan pembelajaran yang khusus untuk membahas Al-Qur’an, mulai pembacaan hingga menafsirkan kandungan isi Al-Qur’an, dan khusus membahas Hadits, mulai pembacaan hadits hingga penafsiran kandungan isi Hadits tersebut. Kemampuan berdakwah salah satu hal yang penting bagi seorang santri pondok pesantren. Berdakwah adalah kewajiban untuk setiap manusia, dengan menyampaikan amar ma’ruf nahi munkar. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan antara kegiatan muhadhoroh dan pembelajaran Al-qur’an Hadits secara simultan dengan kemampuan berdakwah santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa diperoleh nilai R Square sebesar 0,664 atau sama dengan 66,4 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan kegiatan muhadhoroh dan pembelajaran Al-qur’an Hadits secara simultan dengan kemampuan berdakwah santri di Pondok Pesantren Teknologi Riau. Kata Kunci : Kegiatan Muhadhoroh, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:47
Last Modified: 27 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62251

Actions (login required)

View Item View Item