Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PEMBERIAN UPAH BURUH HARIAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT MASYARAKAT DI DESA SUNGE OROSAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

LELIANA HARAHAP, - (2022) IMPLEMENTASI PEMBERIAN UPAH BURUH HARIAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT MASYARAKAT DI DESA SUNGE OROSAN KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LELIANA HARAHAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Leliana Harahap, (2022) : Implementasi Pemberian Upah Buruh Harian Perkebunan Kelapa Sawit Masyarakat Di Desa Sunge Orosan Kabupaten Padang Lawas Utara Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya masyarakat Desa Sunge Orosan yang bekerja sebagai buruh harian sawit. Buruh harian yang dimaksud adalah orang yang melakukan pekerjaan dalam jangka waktu serta pemberian upah sesuai dengan kehadiran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi pemberian upah buruh harian perkebunan kelapa sawit masyarakat di Desa Sunge Orosan Kabupaten Padang Lawas Utara, serta untuk mengetahui perspektif ekonomi syariah dalam Implementasi pemberian upah tersebut tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Sunge Orosan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang. Dalam menentukan jumlah sampel, penulis menggunakan teknik total sampling, jadi sample dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dan wawancara serta dianalisa menggunakan Implementasi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Sistem pembayaran upah kepada buruh sawit yang terjadi di Desa Sunge Orosan Kabupaten Padang Lawas Utara adalah sistem upah berdasarkan perjanjian diawal antara pemilik kebun sawit dan buruh yaitu pemberian upah kepada buruh dilakukan ketika sudah selesai kerja yang menurut kebiasaan setiap 1 kali dalam 2 minggu. Pembayaran upah diberikan kepada buruh sawit dalam bentuk uang tunai. Dalam konsep ekonomi syariah, kegiatan pemberian upah tersebut dengan ijarah untuk melakukan, sehingga tinjauan ekonomi syariah terhadap pemberian upah kepada buruh perkebunan sawit Masyarakat di Desa Sunge Orosan telah sesuai dengan perspektif ekonomi syariah. Hal tersebut diketahui dengan terpenuhinya keseluruhan syarat yang menjadikan akad ijarah pekerjaan tersebut sah. Kata Kunci : Implementasi Upah, Buruh Harian, Perkebunan Sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:42
Last Modified: 29 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62196

Actions (login required)

View Item View Item