MALIA OLFA, - (2022) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KETERAMPILAN REINFORCEMENT DAN CLASSROOM MANAGEMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI PRODI PAI STAI AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
TESIS MALIA OLFA selain bab 4.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
TESIS MALIA OLFA BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
Abstract
Malia Olfa, (2022): Hubungan persepsi Mahasiswa tentang Keterampilan Reinforcement dan Classroom Management terhadap Motivasi Belajar Di Prodi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak yang berupa faktor psikis dan mempunyai peranan khusus dalam hal menumbuhkan gairah, membuat hati merasa senang dan semangat untuk belajar. Keberhasilan mahasiswa dalam mencapai tujuan belajar ditentukan oleh beberapa faktor pendukung. Salah satu faktor pendukungnya adalah motivasi. Mahasiswa yang memiliki motivasi belajar dapat berpengaruh terhadap keberhasilan proses dan hasil belajar. Salah satu komponen penting dalam keberhasilan kegiatan mengajar ialah persepsi keterampilan reinforcement dan motivasi belajar memiliki hubungan dengan classroom management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang keterampilan reinforcement dan classroom management terhadap motivasi belajar di prodi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 2-8 sebanyak 255 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keterampilan reinforcement memiliki hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar di prodi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 6.656 lebih besar dari ttabel 1.651 dengan besar kontribusi 43%. Classroom management memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 1,651 lebih besar dari ttabel 1.651 dengan besar kontribusi 43.8%. Terdapat hubungan yang signifikan persepsi keterampilan reinforcement dan classroom management terhadap motivasi belajar di prodi PAI STAI Auliaurrasyidin Tembilahan. Hal ini ditunjukkan dengan besar kontribusi 43.8%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependent sebesar 43.8%. Sisanya 56.2% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Persepsi Keterampilan Reinforcement, persepsi Classroom Management, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 05:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62134 |
Actions (login required)
View Item |