MAWADDAH SALIM, - (2022) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHAROH KALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI LESSON STUDY BAGI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS MAWADDAH SALIM.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MAWADDAH SALIM , (2022) : PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHAROH KALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI LESSON STUDY BAGI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN DAARUN NAHDHAH THAWALIB BANGKINANG Kegiatan Penelitian PTK ini dilakukan pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran di kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang ini menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas hanya bersifat monoton. Siswa kurang aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru. Respon siswa terhadap pembelajaran cendrung rendah, selama proses pembelajaran berlangsung siswa lebih banyak diam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keaktifan siswa belajar maharoh kalam menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 kali pra siklus menggunakan metode konvensional dan 3 kali siklus menggunakan metode CTL. Persentase keaktifan siswa pada pra siklus, pertemuan 1 sebesar 43,12% dan Persentase keaktifan siswa pada pra siklus, pertemuan 2 sebesar 44,16%. Adapun Persentase keaktifan siswa pada siklus 1, pertemuan 1 sebesar 52,91%, pada siklus 1, pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 59,58%, pada siklus 2, pertemuan 3 juga mengalami peningkatan menjadi 71,87%, pada siklus 2, pertemuan 4 mengalami penurunan menjadi 68,53%, pada siklus 3, pertemuan 5 mengalami peningkatan kembali menjadi 75,62%, dan pada siklus 3, pertemuan 6 juga mengalami peningkatan menjadi 78,95%. Jadi peningkatan keaktifan siswa dalam belajar maharoh kalam dengan menggunakan metode CTL melalui Lesson Study dari pra siklus, petemuan ke-1 ke siklus 3, pertemuan ke-6 mengalami peningkatan sebesar 35,83%. Kata Kunci: Keaktifan belajar, Metode CTL, Lesson Study.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/62122 |
Actions (login required)
View Item |