MEGA NUR AYNI, - (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERCIRIKAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
SKRIPSI MEGA NUR AYNI.pdf Download (24MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Mega Nur Ayni, (2022): Pengembangan E-Modul Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul Pembelajaran Matematika Bercirikan Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar yang memenuhi kriteria valid, praktisdan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika dengan jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Objek penelitian ini adalah e-modul pembelajaran yang bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar . Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, e-modul pembelajaran yang bercirikan etnomatematika dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 84%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil diperoleh bahwa e-modul pembelajaran matematika yang bercirikan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 86% dan hasil dari uji praktikalitas kelompok besar juga sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 82%. Penilaian aspek kognitif peserta didik untuk menyatakan keefektifan e-modul, diperoleh dari nilai Pretest dan Posttest yang dianalisis dengan n-gain, dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,63 dari skor maksimal 1 dengan kategori sedang. Selain itu, tingkat efektifitas dapat diketahui dengan membandingkan hasil post-test dengan nilai KKM 76 , dan diperoleh persentase sebesar 87% dengan kriteria tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika disekolah. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Etnomatematika, Bangun Ruang Sisi Datar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 02:51 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 02:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61991 |
Actions (login required)
View Item |