Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SYARAT SAH JUAL BELI ONLINE DALAM ISLAM (Studi Terhadap Masyarakat Pelaku Online Shop di Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu)

MONA HERYULIANA, - (2022) ANALISIS SYARAT SAH JUAL BELI ONLINE DALAM ISLAM (Studi Terhadap Masyarakat Pelaku Online Shop di Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MONA HERYULIANA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mona Heryuliana (2022): Analisis Syarat Sah Jual Beli Online Dalam Islam (Studi Terhadap Pelaku Online Shop Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu). Penelitian ini berlatar belakang dari pesatnya perkembangan teknologi juga mempengaruhi keadaan ekonomi salah satunya yaitu traksaksi jual beli dengan cara online atau dikenal dengan e-comerce. Permasalahan penelitian adalah bagaimana pelaksanaan jual beli masyarakat pelaku online shop di Kecamatan Ujungbatu dan bagaimana syarat sah jual beli online dalam Islam masyarakat pelaku onlineshop di Kecamatan Ujungbatu. Maka yang menjadi key Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang yang terdiri dari 5 pemilik Online Shop dan 5 konsumen yang dijadikan penguat Informan.. Jenis penelitian Field Research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data observasi,wawancara, dan dokumentasi. kemudian di analisa mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian bahwa pelaksanaan-pelaksanaan jual beli masyarakat pelaku online shop diKecamatan Ujungbatu telah menjalankan indakator : saling rela, baliq, barang dimilki, objek barang bisa diserahkan, objek diketahui dan harga jelas. Namun, ada temuan Onlineshop yang tidak menerapkan syarat sah jual beli secara Islam seperti adanya tambahan biaya, konsumen yang belum baliq, dan konsumen tidak bisa meminta pergantian objek akad ketika barang rusak. Analisis syarat sah jual beli online dalam Islam masyarakat pelaku online shop di Kecamatan Ujungbatu dari beberapa karakteristik yang menjadi ukuran jual beli online yang sah maka para pelaku Onlineshop di Kecamatan Ujungbatu telah memenuhi ekonomi syariah dan ada yang melanggar hukum. seperti tidak menarapkan Sidiq (kejujuran) dalam berdagang secara Islam. Kata Kunci: Jual Beli, Online Shop, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:46
Last Modified: 25 Jul 2022 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61881

Actions (login required)

View Item View Item