Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN USULAN TATA LETAK SUKU CADANG PADA LINI PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DAN METODE CLASS BASED STORAGE (STUDI KASUS PT. INECDA PLANTATION)

HARIYADI, - (2022) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN USULAN TATA LETAK SUKU CADANG PADA LINI PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DAN METODE CLASS BASED STORAGE (STUDI KASUS PT. INECDA PLANTATION). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
LAPORAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Inecda Plantation Seberida. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan Tandan Buah Sawit (TBS) menjadi produk berupa Crude Palm Oil (CPO) dan inti sawit (Kernel) untuk dalam negeri. Pemasarannya diangkut menggunakan alat angkut tangki CPO. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut yaitu sering mengalami kekurangan persediaan suku cadang, sehingga memungkinkan perusahaan membeli suku cadang lokal yang memiliki harga berbeda. Masalah selanjutnya adalah peletakan suku cadang yang sering digunakan terletak jauh dari pintu keluar sehingga tidak memudahkan pekerja dalam mencari suku cadang yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menentukan berapa banyak suku cadang yang di gunakan perusahaan ditahun 2022 dengan menggunkan metode exponential smoothing dan mengetahui berapa banyak pemesanan yang optimal serta berapa banyak biaya total persediaan di PT. Inecda Plantation menggunakan metode economic order quantity (EOQ). Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data tentang jumlah suku cadang yang digunakan selama satu periode, biaya-biaya pemesanan dan biaya penyimpanan yang kemudian diolah menggunakan metode peramalan exponential smoothing untuk mengetahui perkiraan pemakaian pada periode selanjutnya, kemudian dilakukan perhitungan EOQ untuk mendapatkan hasil total persediaan yang lebih optimal untuk setiap pemesanan. Selanjutnya meletakkan suku cadang yang sering digunakan di dekat pintu masuk dengan metode class based storage (CBS). Berdasarkan Analisa yang dilakukan, jika perusahaan melakukan pemesanan suku cadang nozzle menggunakan metode EOQ diperoleh 4 unit per pesan, lebih sedikit daripada perusahaan melakukan pemesanan secara periodik yaitu 10 unit. Total biaya persediaan menggunakan metode EOQ adalah sebesar Rp. 9.624.650 sedangkan total biaya persediaan yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk tahun 2021 adalah sebesar Rp. 39.381.000

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jul 2022 05:18
Last Modified: 25 Jul 2022 05:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61780

Actions (login required)

View Item View Item