Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MECHANICS-DYNAMICS AESTHETICS FRAMEWORK DALAM MEMBANGUN USER EXPERIENCE PADA GAME KRIPTOGRAFI

M Satria Irwanda, - (2022) IMPLEMENTASI MECHANICS-DYNAMICS AESTHETICS FRAMEWORK DALAM MEMBANGUN USER EXPERIENCE PADA GAME KRIPTOGRAFI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Kriptografi MDA - Bab Normal.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Kriptografi MDA - Bab IV - Pembahasan dan hasil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kriptanalisis adalah salah satu bidang keilmuan yang bertujuan untuk memahami suatu sistem enkripsi dengan melakukan proses analisa terhadap pesan terenkripsi (ciphertext) agar dapat mengetahui makna dari pesan tersebut atau bahkan untuk memperkuat sistem enkripsi yang telah dibobol. Kriptanalis adalah pelaku dari kriptanalisis, proses kriptanalisis membutuhkan banyak waktu, dedikasi dan kesabaran dalam mempelajari suatu pola enkripsi. Terkadang kriptanalis bisa saja merasa frustrasi dan segera menyerah dalam melakukan proses belajar atau menganalisa suatu pola enkripsi yang dihadapinya. Oleh karena itu, peneliti membuat aplikasi permainan (game) yang membantu pemain atau bahkan orang yang ingin mempelajari kriptanalisis mengalami pengalamaman pengguna (UX) yang baik dan mengurangi perasaan frustrasi selama melakukan proses bermain dan secara tidak langsung dapat belajar tentang kriptografi dan kriptanalisis selama mereka bermain. Game yang akan dibangun akan dirancang menggunakan Mechanics-Dynamics-Aesthetic Framework (MDA) sebagai acuan untuk merancang pengalaman dan aplikasi game yang akan dibangun. Hasil dari game yang telah dibangun diuji menggunakan kuisioner pengujian in-game experience questionnaire (iGEQ) dan post-game experience questionnaire (PGQ). Hasil pengujian menggunakan iGEQ menunjukkan bahwa mayoritas pemain merasakan pengalaman tantangan (challenge) dan sedikit dampak positif (positive affect) ketika memainkan game dan cenderung merasakan pengalaman kelelahan (tiredness) setelah selesai memainkan game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:09
Last Modified: 22 Jul 2022 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61757

Actions (login required)

View Item View Item