Yunisa Desiana, - (2022) Model Pembelajaran Dolanan Anak di Taman Indria Menurut Pemikiran Ki Hajar Dewantara. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
Abstract
ABSTRAK Yunisa Desiana, (2022) Model Pembelajaran Dolanan Anak di Taman Indria Menurut Pemikiran Ki Hajar Dewantara Penelitian bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran dolanan anak di taman indria menurut pemikiran Ki Hajar Dewantara. Jenis penelitian adalah penelitian Library Research. Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam model pembelajaran dolanan anak di taman indria menurut pemikiran Ki Hajar Dewantara terdapat dua model yaitu: 1. Pembelajaran dengan sistem Among. Pembelajaran sistem among menekankan pada guru atau pamong ibarat menghamba kepada anak. Tujuan pembelajran sistem among berguna untuk membangun anak didik tumbuh menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, suci lahir dan batin, berbudi pekerti luhur, cerdas, terampilan, serta sehat jasmani dan rohani agar menjadi anggota masyarakat mandiri, bertanggung jawab atas kesejahteraan tanah air serta manusia. 2. Pembelajaran dengan sistem Sariswara, yaitu metode yang menggabungkan pelajaran-pelajaran lagu, sastra dan cerita. Tujuan pembelajaran sistem Sariswara adalah untuk memberitahu budaya yang ada di Nusantara tentang budaya lokal dolanan anak. Kata Kunci : Permainan Dolaman, Metode Pembelajaran Ki Hajar Dewantara
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61710 |
Actions (login required)
View Item |