Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE PROCESS COSTING DALAM PENENTUAN HARGA JUAL (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Pak Budi)

Eldy Irhas Saputra, Eldy (2022) ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN PENERAPAN METODE PROCESS COSTING DALAM PENENTUAN HARGA JUAL (Studi Kasus Pada Pabrik Tahu Pak Budi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Penentuan harga pokok produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar, karena harga pokok produksi merupakan bagian terpenting yang harus dihitung oleh perusahaan untuk dapat menetapkan harga jual. Perusahaan belum menggolongkan secara rinci biaya overhead pabrik sesuai dengan konsep akuntansi biaya. Akibatnya perusahaan belum sesuai dalam perhitungan harga pokok produksinya, yang dapat berpengaruh terhadap harga jual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan harga pokok produksi menggunakan metode Process costing pada Pabrik Tahu Pak Budi. Untuk mengetahui perbandingan perhitungan perusahaan dengan metode Process Costing, serta mengetahui kendala dan solusi dalam melakukan perhitungan harga pokok produksi. Metode analisis yang digunakan yaitu metode dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan harga pokok produksi antara metode perusahaan dengan metode Process Costing. Hal ini disebabkan karena klasifikasi dan pengumpulan biaya yang diusulkan perusahaan tidak memperhitungkan semua pengeluaran biaya yang dikeluarkan. Selain itu, klasifikasi biaya perusahaan belum tepat, sehingga terdapat beberapa biaya yang diabaikan saat proses perhitungan biaya produksi seperti biaya pemeliharaan alat produksi, biaya depresiasi alat produksi, dan biaya makan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Process Costing dan Harga Jual
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:56
Last Modified: 25 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61703

Actions (login required)

View Item View Item