Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

“ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TARIF PAJAK EFEKTIF PADA WAJIB PAJAK BADAN” (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Dita Miranti, Dita (2022) “ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TARIF PAJAK EFEKTIF PADA WAJIB PAJAK BADAN” (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan analisis kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Tingkat Leverage, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap, dan Ukuran Perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pengguna laporan keuangan akan efektifitas pajak penghasilan sebagai dasar perencanaan pajak perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 70 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dengan mengakses www.idx.xo.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang terdiri dari analisi statistik deskriptif, uji asumsi klasik pemilihan model regresi data panel dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan program komputer statistik Eviews Versi 9. Penelitian model yang dipakai dalam analisis adalah memakai uji Chow dan uji Hausman dengan fixed effect model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan hipotesis secara parsial variable Tingkat Leverage, Profitabilitas, dan Intensitas Aset Tetap berpengaruh signifikan terhadap tarif pajak efektif. Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Tarif Pajak Efektif. Dari hasil penelitian ini juga diperoleh Koefisien Determinasi (R2) dengan nilai 0.815176 memiliki arti bahwa 81,51% pengungkapan dijelaskan oleh variable antara Tingkat Leverage, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap, dan Ukuran Perusahaan sedangkan sisanya 18.49% dijelaskan oleh variable lain diluar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tarif Pajak Efektif, Tingkat Leverage, Profitabilitas, Intensitas Aset Tetap, Ukuran Perusahaan
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:06
Last Modified: 25 Jul 2022 04:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61586

Actions (login required)

View Item View Item