Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efesiensi Biaya Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Heuristic Silver Meal (Studi Kasus : Usaha Batu R/A Berlian Jaya)

BELIA GUSTI FARA HITARI, - (2022) Efesiensi Biaya Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Heuristic Silver Meal (Studi Kasus : Usaha Batu R/A Berlian Jaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pengendalian persedian bahan baku perlu dilakukan untuk meminimalkan biaya penyimpanan dan pemesanan bahan baku. Usaha Batu R/A Berlian Jaya merupakan sebuah perusahaan industri yang kegiatan utamanya adalah memproduksi paving block, batako, roster 20cmx 20 cm, roster 12 cm x 30 cm, gorong-gorong dengan diameter 50 cm dan 100 cm. Permasalahan yang sering terjadi pada saat proses produksi adalah bahan baku yang tersedia dalam gudang tidak sesuai dengan kebutuhan produksi, sehingga mengganggu proses produksi yang sedang berjalan, hal ini terjadi karena belum adanya metode perhitungan ilmiah yang dapat dijadikan acuan untuk pengadaan bahan baku. Permintaan di Usaha Batu R/A Berlian Jaya bersifat fluktuatif sehingga diperlukan metode khusus untuk menangani permasalahan tersebut. Heuristic silver meal merupakan salah satu metode pengendalian persediaan khusus untuk permintaan fluktuatif, dengan pendekatan heuristic yang dapat memberikan solusi mendekati optimal secara cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak bahan baku yang harus dipesan per periode untuk memenuhi kebutuhan produksi menggunakan metode Heuristic Silver meal dan efesiensi yang diperoleh menggunakan metode heuristic silver meal. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode heuristic silver meal dapat mengefesiensi biaya persedian bahan baku sebesar 17,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:04
Last Modified: 22 Jul 2022 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61559

Actions (login required)

View Item View Item