Khairul Amri, - (2022) PENERAPAN DATA MINING DALAM MENCARI POLA ASOSIASI DATA TRACER STUDY MENGGUNAKAN EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT). PENERAPAN DATA MINING DALAM MENCARI POLA ASOSIASI DATA TRACER STUDY MENGGUNAKAN EQUIVALENCE CLASS TRANSFORMATION (ECLAT), 5 (3). pp. 442-449. ISSN P-ISSN 2620-8342 E-ISSN 2621-3052
|
Text
khairul amri upload repository.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak - Tracer study adalah sebuah pendekatan yang diterapkan universitas untuk memperoleh informasi tentang kemungkinan kelemahan dalam proses pendidikan dan proses pembelajaran yang menjadi dasar perencanaan aktivitas untuk penyempurnaan di masa mendatang. Pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau belum pernah ada tracer study yang komprehensif dan terstruktur dalam ruang lingkup universitas. Tracer study yang dilakukan hanya dalam lingkup program studi dan hanya dilaksanakan menjelang proses akreditasi prodi. Tidak ada tracer study yang rutin dilakukan di tingkat program studi dan universitas setiap tahunnya. Pada penelitian ini akan berfokus kepada penerapan data mining untuk mencari pola asosiasi pada data tracer study menggunakan Equivalence Class Transformation (ECLAT). Dari hasil penelitian terdapat 4 pola yang memenuhi support 13% dan confidence 80% dengan pengujian lift rasio > 1. Pola tersebut diantaranya Jika ipk antara 3 – 3,5 dan gaji pertama dibawah 3 juta dan laki-laki maka status kelulusan tidak tepat waktu dan “masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan” dengan support 17% dan confidence 84%. Jika ipk antara 3 – 3,5 dan perempuan maka “masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan” dan hubungan pekerjaan dengan jurusan sesuai dengan support 14 % dan confidence 100%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 01:12 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 01:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61460 |
Actions (login required)
View Item |