Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPRESSION MANAGEMENT MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

AFRIDA INTAN WIJAYA, - (2022) IMPRESSION MANAGEMENT MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nama :Afrida Intan Wijaya NIM : 1184032192 Jurusan :Ilmu Komunikasi Judul : Impression management Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Pada Media sosial Instagram Impression management adalah proses yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar oleh individu dengan tujuan untuk mempengaruhi persepsi orang lain tentang seseorang, objek, atau peristiwa. Impression management menjadi akhir muara dalam teori dramaturgi yang dipopulerkan oleh Erving Goffman. Kehadiran media sosial meningkatkan potensi ketidaklarasaan antara dunia nyata dengan dunia maya. Melalui metode fenomenalogi penelitian ini menjelaskan bagaimana Impression management yang dilakukan mahasiswa ilmu komunikasi UIN Suska Riau pada media sosial Instagram dilihat dari segi motivasi Impression management dengan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa Mahasiswa lebih mendapatkan penghargaan diri di media sosial ketimbang dunia nyata. Motivasi mahasiswa dalam melakukan Impression managament di Instagram untuk mempertahankan dan meningkatkan harga diri, mengembangkan identitas diri serta memperoleh imbalan sosial seperti like , comment, pujian dan followers. Pada panggung depan mahasiswa sangat menjaga penampilannya baik fisik maupun tutur kata, lain halnya pada panggung belakang mahasiswa lebih bisa menjadi dirinya sendiri dengan berpenampilan apa adanya. Mahasiswa dengan self esteem yang rendah cenderung tidak terlalu aktif dalam melakukan aktivitas Instagram seperti memposting foto atau video di feed atau Instastory Instagram, sedangkan mahasiswa dengan self esteem yang tinggi cenderung aktif dalam melakukan aktivitas dan mengungkapkan dirinya di Instagram. Kata Kunci : Motivasi, Dramaturgi, Motivasi Impression management, Self esteem, Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:48
Last Modified: 20 Jul 2022 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61435

Actions (login required)

View Item View Item