Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) BERDASARKAN PERDA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI NOMOR 1 TAHUN 2009 DI DESA SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

ATRI ELVI YULIANTI, - (2022) KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) BERDASARKAN PERDA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI NOMOR 1 TAHUN 2009 DI DESA SEROSAH KECAMATAN HULU KUANTAN MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ATRI ELVI YULIANTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Atri Elvi Yulianti (2022) : Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Berdasarkan Perda Kabupaten Kuantan Singingi Nomor 1 Tahun 2009 di Desa Serosah Kecamatan Hulu Kuantan Menurut Perspektif Fiqih Siyasah. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mempunyai tugas dan kewenangan menyelenggarakan musyawarah desa yang diikuti oleh Kepala Desa, BPD, dan unsur dari perwakilan masyarakat desa untuk memutuskan hal-hal yang bersifat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Di Desa Serosah masih kurang berjalannya salah satu fungsi dari BPD yaitu fungsi menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari kerusakan lingkungan yang menjadi ancaman bagi kelestarian ekosistem bagi masyarakat desa khususnya di Desa Serosah karena akses jalan masyarakat terus menerus dilalui oleh mobil perusaan seperti mobil CPO padahal mereka memiliki akses jalan mereka sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui yaitu pertama, Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD Dalam Menampung Dan Menyalukan Aspirasi Masyarakat Di Desa Serosah, kedua Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Menampung Dan Menyalukan Aspirasi Masyarakat Di Desa Serosah, serta ketiga Perspektif fiqih siyasah terhadap Kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Menampung Dan Menyalukan Aspirasi Masyarakat Di Desa Serosah. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu mendiskripsikan kenyataan secara benar,penelitian ini dilakukan dengan mengambil data di desa Serosah. Subjek dari penelitian ini adalah pengurus BPD di Desa Serosah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisi data penulis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yakni semua data yang telah didapatkan kemudian dijelaskan dalam bentuk kata-kata tertulis. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Kinerja BPD di desa Serosah dalam hal menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat belum efektif dan harus ditingkatkan lagi. BPD telah melaksanakan fungsi dan tugasnya, namun belum optimal, yang disebabkan oleh kurang baiknya pengetahuan anggota BPD mengenai tugas dan fungsinya, serta kurangnya partisipasi dari masyarakat yang disebabkan oleh kurangnya sosialisasi. Tinjauan fiqih siyasah lembaga ini sesuai dengan ahl al-hall wa al-„aqd sebagai lembaga legislasi, lembaga yang paling dikenal sebagai membuat undang-undang, pelaksana syura, dan pengawasan, atau sejalan dengan yang dicontohkan Nabi saw, menjunjung tinggi konsep syura, serta sesuai dengan konsep kepemimpinan. Kata Kunci: Kinerja, BPD, Fiqih Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:49
Last Modified: 19 Jul 2022 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61337

Actions (login required)

View Item View Item