Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KAMPAR NOMOR 54 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH DI KECAMATAN BANGKINANG KOTA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Meiyu Syahri Ramadhanisa, Meiyu (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI KAMPAR NOMOR 54 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH DI KECAMATAN BANGKINANG KOTA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kesehatan adalah salah satu faktor utama untuk seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan kesehatan merupakan bagian dari pola hidup yang sehat dengan senantiasa menjaga kebersihan, baik itu kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Dan di dalam Islam kebersihan juga merupakan sebagian dari Iman oleh karena itu dianggap penting usaha kesehatan sekolah/madrasah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Peraturan Bupati kampar nomor 54 tahun 2018 tentang penyelenggaraan usaha kesehatan madrasah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian kualitatif ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyelenggaraan UKS, yang dilaksanakan di sekolah-sekolah dikecamatan bangkinang melalui pendidikan kesehatan, layanan kesehatan dan pembinaan lingkungan.. Selanjutnya yang menjadi faktor-faktor dalam implementasi nya diantaranya seperti komunikasi dan koordinasi, sumber daya manusia hingga sarana dan prasarana, dimana menjadi faktor penghambat dalam proses Implementasi peraturan Bupati tentang Usaha kesehatan sekolah. Dan dalam Tinjauan fiqih siyasah yaitu berkaitan dengan kajian siyasah dusturiyah atau Siyasah Tanfidziyyah Syar‟iyyah (Politik pelaksanaan Perundang-Undangan). Yang dimana dalam praktek pelaksanaanya masih belum terlaksana secara maksimal, karena masih adanya beberapa faktor penghambat sehingga dapat menggangu dalam proses pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Peraturan, kesehatan, UKS, fiqih siyasah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:02
Last Modified: 19 Jul 2022 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61317

Actions (login required)

View Item View Item