Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma longa L.) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KOLESTEROL DAGING PUYUH (Coturnix japonica)

LANTANG KAPINDHO, - (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma longa L.) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KOLESTEROL DAGING PUYUH (Coturnix japonica). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Kunyit merupakan tanaman herbal yang mengandung kurkumin dan beragam flavonoid. Kurkumin kunyit dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan sedangkan flavonoid dapat menurunkan kolesterol total baik di dalam darah maupun daging. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kunyit dalam pakan komersial terhadap kadar kolesterol total daging puyuh. Pemeliharaan dan pemanenan puyuh dilakukan di Laboratorium Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan UIN Suska Riau. Pengujian kolesterol dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap terdiri dari 4 perlakuan, masing-masing perlakuan diulang 5 kali, keempat perlakuan yang diujicobakan adalah P1 = Pakan komersial (kontrol), P2 = P1 + 1,50% tepung kunyit, P3 = P1 + 2% tepung kunyit, dan P4 = P1 + 2,50% tepung kunyit. Parameter yang diamati adalah kolesterol, trigliserida, HDL, LDL, dan rasio HDL dengan LDL. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis ragam, dan apabila antar perlakuan berpengaruh nyata maka dilanjutkan uji Duncan taraf 5%. Hasil dari penelitian ini adalah penambahan tepung kunyit dalam pakan komersial memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap HDL, LDL, dan rasio HDL dengan LDL. Nilai HDL daging puyuh pada penelitian ini berkisar 2,56-2,86 mg/100 g, nilai LDL berkisar 3,52-3,95 mg/100 g, dan rasio HDL dengan LDL adalah 0,65-0,81. Nilai kolesterol total dan trigliserida secara numerik menurun, masing-masing nilainya adalah 4,50-5,67 dan 721-819 mg/100 g daging puyuh. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tepung kunyit sebanyak 2,50% dapat diaplikasikan dalam pakan komersial puyuh pedaging. Kata Kunci: Kolesterol, pakan komersial, puyuh, tepung kunyit, trigliserida

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Jul 2022 05:08
Last Modified: 18 Jul 2022 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61296

Actions (login required)

View Item View Item