Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAHALIYAH NEGERI 1 INDRAGIRI HILIR

RIZKI KURNIAWAN, - (2022) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADAMASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAHALIYAH NEGERI 1 INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKI KURNIAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rizki Kurniawan, (2022): Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir (2) Faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian adalah 2 orang guru bimbingan konseling dan 4 orang siswa yang mengalami kesulitan belajar pada masa pandemi Covid-19 sedangkan informan pendukung 2 orang wali kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 yaitu: (a) Memanggil siswa untuk melakukan konseling individual terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar pada masa pandemi Covid-19. (b) Memfasilitasi siswa dalam mendapatkan kuota internet gratis pada masa Pandemi Covid-19. (c) Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. (d) memberikan arahan kepada siswa melalui aplikasi instagram dan telegram. (e) Melibatkan siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam kegiatan bimbingan kelompok. (2) Faktor pendukung dan penghambat nya yaitu: (a) Faktor pendukung, yaitu: (i) Siswa memiliki niat dan keinginan untuk berubah lebih baik dari sebelumnya ke arah yang lebih baik. (ii) Teman sebaya yang ikut berpartisipasi dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. (iii) Guru mata pelajaran ikut berpartisipasi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. (iv) Wali kelas ikut memotivasi siswa yang mengalami kesuliatam belajar pada masa pandemi Covid-19. (b) Faktor penghambat, yaitu (i) Guru bimbingan konseling tidak memiliki jam tatap muka di kelas untuk melakukan kegiatan bimbingan konseling. (ii) Guru bimbingan konseling sulit melakukan komunikasi di luar jam tatap muka sekolah dengan siswa saat siswa bermasalah. (iii) Sebagain orang tua kurang mendukung dalam perkembangan belajar siswa. Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Konseling, Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:38
Last Modified: 15 Jul 2022 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61243

Actions (login required)

View Item View Item