Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PELAYANAN BERBASIS DIGITAL PADA HASANAH GUEST HOUSE PEKANBARU DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

HAZWIN AL FARID, - (2022) SISTEM PELAYANAN BERBASIS DIGITAL PADA HASANAH GUEST HOUSE PEKANBARU DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAZWIN AL FARID.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hazwin Al Farid, (2022): Sistem Pelayanan Berbasis Digital Pada Hasanah Guest House Pekanbaru Di Masa Pandemi Covid- 19 Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Menurut Perspektif Ekonomi Syariah Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan, orang dapat tertular Covid-19 dari orang lain yang terinfeksi virus ini. Covid-19 dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi Covid-19 batuk, bersin, atau berbicara. Pandemi Covid-19 saat ini menjadi masalah serius yang dihadapi banyak negara termasuk Indonesia. Pandemi Covid-19 telah banyak mengubah aktivitas sehari-hari masyarakat termasuk para pengusaha dan pebisnis salah satunya pada jasa perhotelan. Hasanah Guest House Pekanbaru merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa perhotelan dan salah satu hotel yang terkena dampak pandemi Covid-19. Hasanah Guest House Pekanbaru menyiapkan sistem pelayanan berbasis digital dalam meningkatkan jumlah konsumen dimasa pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem pelayanan berbasis digital pada Hasanah Guest House Pekanbaru di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan jumlah konsumen menurut pesrpektif ekonomi syariah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang menjadi informan dalam penelitian berjumlah 4 (empat) orang yakni: 1 orang general manager, 1 orang manager marketing, 1 orang receptionist, dan 1 orang housekeeping, metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui bahwa sistem pelayanan berbasis digital pada Hasanah Guest House Pekanbaru di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan jumlah konsumen dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti: instagram, facebook, media cetak brosur, dan juga bekerjasama dengan OTA (Online Travel Agent) yaitu: Traveloka, Pegipegi, Tiket.com, dan Agoda dalam meningkatkan jumlah konsumen. Dalam pandangan Ekonomi Syariah, sistem pelayanan berbasis digital pada Hasanah Guest House Pekanbaru di masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan jumlah konsumen secara umum sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah, karena dalam pelayanan digital informasi yang diberikan oleh Hasanah Guest House Pekanabaru kepada konsumen benar dan jujur. Kata Kunci: Pelayanan Digital, Konsumen, Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:57
Last Modified: 14 Jul 2022 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61205

Actions (login required)

View Item View Item