Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Promosi Destinasi Wisata Religi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar

Muhammad Al Farabi, - (2022) Strategi Promosi Destinasi Wisata Religi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Al Farabi NIM : 11744100457 Prodi : Manajemen Dakwah Judul : Strategi Promosi Destinasi Wisata Religi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi wisata religi yang besar di Kabupaten Kampar dan adanya kendala-kendala yang dialami oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam melaksanakan strategi promosi sehingga belum berjalan secara maksimal. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dalam mempromosikan wisata religi di Kabupaten Kampar. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang merupakan pengurus di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. Pelaksanaan penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini didapati hasil bahwa strategi promosi destinasi wisata religi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dilakukan dengan beberapa bentuk, yaitu: Pertama, promosi lansung yang melibatkan pelaksanaan acara di tempat-tempat wisata, pelaksanaan Kampar Expo, partisipasi dalam Riau Expo dan Pesona Indonesia, pemberian brosur dengan memanfaatkan kegiatan sosialisasi dan interaksi lansung dengan masyarakat luas, serta bekerja sama dengan komunitas-komunitas bergerak di bidang wisata seperti Komunitas Mancing Mania, Komunitas Kijang Tua, Bujang Dara Kampar, dan Kelompok Sadar Wisata. Kedua, spromosi media massa yang dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan media cetak seperti Majalah Jelajah Kampar dan Koran Riau Pos serta media elektronik seperti RRI, RDPK, TVRI dan RTV. Dalam pelaksanaan strategi kedua ini membutuhkan pertimbangan dan alokasi pendanaan yang baik. Ketiga, promosi media sosial yang dilakukan dengan pengelolaan website, akun Instagram, Facebook, channel Youtube, layanan komunikasi online, serta pengadaan pelatihan-pelatihan untuk meningkat sumber daya manusia demi melaksanakan strategi promosi media sosial yang berkualitas. Diantara ketiga bentuk strategi promosi tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar sangat fokus dalam strategi promosi media sosial agar promosi wisata religi dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas. Berdasarkan penelitian ini juga ditemukan bahwa strategi promosi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar telah dilaksanakan namun masih menemukan kendala dan belum berjalan maksimal. Kata Kunci: Bauran Promosi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kabupaten Kampar, Wisata Religi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:51
Last Modified: 14 Jul 2022 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61203

Actions (login required)

View Item View Item