Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN FRAKSI SERAT SILASE BATANG PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN PENAMBAHAN LEVEL TEPUNG JAGUNG DAN LAMA FERMENTASI BERBEDA

HERU RISKI, - (2022) KANDUNGAN FRAKSI SERAT SILASE BATANG PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN PENAMBAHAN LEVEL TEPUNG JAGUNG DAN LAMA FERMENTASI BERBEDA. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

KANDUNAN FRAKSI SERAT SILASE BATANG PISANG (Musa paradisiaca) DENGAN PENAMBAHAN LEVEL TEPUNG JAGUNG DAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA Heru Riski (11681100463) Dibawah bimbingan Dewi Ananda Mucra dan Yendraliza INTISARI Pakan yang bersumber dari pertanian dan perkebunan memiliki kandungan nutrisi yang masih rendah sehingga perlu diberi perlakuam untuk meningkatakan kandungan nutrisinya. Batang pisang merupakan limbah hasil tanaman pisang dapat di jadikan salah satu pakan ternak dan dijadikan silase dengang pemberian tepung jagung sebagai inokulanya. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui kualitas fraksi serat yang ada didalam silase batang pisang dengan penambahan leve tepung jagung dan lama fermentasi yang berbedaa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri 2 faktor dengan 3 ulangan yaitu Faktor A = Level Tepung Jagung, A 1 = 0% tanpa tepung jagung, A 2 = 10% Tepung Jagung, A 3 = 20% Tepung Jagung. Faktor B= Lama fermentasi, B 1 = Fermentasi 0 hari, B 2 = Fermentasi 14 hari, B 3 = fermentasi 28 hari. Parameter yang diukur NDF, ADF, selulosa, hemiselulosa, lignin. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara level tepung jagung dan lama fermentasi terhadap penurunan kadar NDF dan hemiselulosa. Pemberian tepung jagung sampai 20% menurunkan kandungan ADF 47,10%-35,51% dan ADL 22,59%- 13,31%, sementara untuk lama fermentasi untuk 28 hari belum dapat menurunkan kadar ADF, NDF dan ADL serta menaikkan hemiselulosa dan selulosa. Perlakuan terbaik dari penelitian ini pada perlakuan penambahan level tepung jagung 20% dan lama fermentasi 28 hari dapat menurunkan kadar ADF terendah yaitu 39,82% Kata kunci : limbah batang pisang , fraksi serat, level tepung jagung, lama fermentasi..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:21
Last Modified: 14 Jul 2022 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61189

Actions (login required)

View Item View Item