Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAJIAN ETNOSAINS TRADISI MELANGGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS)

ARDILA, - (2022) KAJIAN ETNOSAINS TRADISI MELANGGAI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARDILA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ardila (2022): Kajian Etnosains Tradisi Melanggai Sebagai Sumber Belajar IPA (Studi Kasus di Desa Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep IPA pada tradisi Melanggai di desa Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, serta kelayakannya sebagai sumber belajar IPA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan, tradisi Melanggai merupakan kegiatan utama menangkap udang yang menggunakan alat tangkap tradisional khas masyarakat Selatbaru, yakni Langgai. Proses tradisi Melanggai meliputi spesifikasi alat, waktu untuk Melanggai, lokasi untuk Melanggai dapat dijelaskan pada ilmu ekosistem perairan dan tata surya. Tradisi Melanggai termasuk kategori sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar IPA dengan persentase rata-rata 83% dari aspek keamanan, kemudahan, dan kesesuaian dengan materi ajar. Tradisi Melanggai di desa Selatbaru memuat konsep-konsep IPA dan layak digunakan sebagai sumber belajar IPA berbasis kearifan lokal. Kata kunci: etnosains, tradisi melanggai, sumber belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:12
Last Modified: 14 Jul 2022 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61183

Actions (login required)

View Item View Item