Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN ASSALAM NAGA BERALIH AIR TIRIS KABUPATEN KAMPAR

ASTRI FATRIZA, - (2022) PENGARUH PELAYANAN TENAGA ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN ASSALAM NAGA BERALIH AIR TIRIS KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Astri Fatriza (2022) : Pengaruh Pelayanan Tenaga Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih Air Tiris Kabupaten Kampar Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Pelayanan Tenaga Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Assalam Naga Beralih. Ada 4 pertanyaan penelitian yang menjadi rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana tingkat pelayanan tenaga administrasi, 2) Bagaimana tingkat kepuasan peserta didik, 3) apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara Pelayanan tenaga administrasi terhadap kepuasan peserta didik dan 4) Berapa persen kontribusi Pelayanan tenaga administrasi terhadap kepuasan peserta didik. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan tipe korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Assalam Naga Beralih sebanyak 333 orang, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 67 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Stratified Random Sampling. Objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Pelayanan Tenaga Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di Madrasah Aliyah Assalam Naga Beralih. Kemudian data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Melalui teknik analisis data dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tingkat Pelayanan tenaga administrasi berada dalam kategori sedang, 2) Sedangkan kepuasan peserta didik berada pada kategori sedang, 3) Berdasarkan rhitung untuk hubungan variable X dan variable Y sebesar 0,695 > 0,2404 (rtabel), maka terdapat hubungan antara variable X yang variable Y 4) Pada koefisien determinasi yang mencerminkan seberapa besar kontribusi Pelayanan tenaga administrasi terhadap kepuasan peserta didik adalah sebesar 0,482 atau 48,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah Assalam Naga Beralih yaitu kepada kepala sekolah untuk senantiasa memberikan peluang kepada tenaga administrasi sekolah untuk mengembangkan potensinya dalam menghadapi peserta didik baik personal maupun kelompok sejalan dengan meningkatkan kepuasan peserta didik di sekolah dengan mengikuti beberapa pelatihan, kemudian kepada tenaga administrasi sekolah serta para tenaga kependidikan di sekolah untuk senantiasa menerapkan budaya Pelayanan yang prima agar dapat meningkatkan kepuasan peserta didik Kata Kunci: Pelayanan Administrasi, Kepuasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:20
Last Modified: 14 Jul 2022 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61169

Actions (login required)

View Item View Item