Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN GERAK DAN LAGU DI TK KEMALA BHAYANGKARI 17 GUNUNG TUA KECAMATAN PADANG BOLAK KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

HASNA SIREGAR, - (2022) PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN GERAK DAN LAGU DI TK KEMALA BHAYANGKARI 17 GUNUNG TUA KECAMATAN PADANG BOLAK KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASNA SIREGAR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasna Siregar, (2022): Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Metode Bermain Gerak Dan Lagu Di Tk Kemala Bhayangkari 17 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 4-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 17 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekperimen True Experimental Design Design dengan model (Pre-test,Post-tests control group desig). Objek penelitian ini adalah peningkatan kecerdasan kinestetik anak usia 4-6 tahun melalui metode bermain gerak dan lagu. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak di TK Kemala Bhayangkari 17 Gunung Tua. Populasi penelitian ini berjumlah 16 anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B1 sebagai kelas ekperimen yang terdiri dari 8 anak dan kelas kelompok B2 sebagai kelas kontrol yang terdiri 8 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji-t dengan program SPSS 24 Windows 10. Hipotesis penelitian ini adalah ada peningkatan signifikan antara penerapan metode bermain gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 4-6 tahun. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan nilai Pre-test dan Post-test kelas ekperimen yang diperoleh t_hitung = 23,385 dan sig.(2-tailed)=0,000 karena sig.(2 tailed)=0,000<0,0 5, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan signifikan terhadap penggunaan metode bermain gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak. Artinya Ho di tolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitan ini terdapat peningkatan kecerdasan kinestetik melalui metode bermain gerak dan lagu anak di TK Kemala Bhayangkari 17 Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara sebesar 33,33%. Kata Kunci : Kecerdasan Kinestetik, Metode Bermain Gerak dan Lagu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:38
Last Modified: 12 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61132

Actions (login required)

View Item View Item