Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PRAKTIK PELAKSANAAN JUAL BELI KELAPA SAWIT DI DESA KUALA GASIB KECAMATAN KOTO GASIB DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH

CHONIE MERINTIONA, - (2022) ANALISIS PRAKTIK PELAKSANAAN JUAL BELI KELAPA SAWIT DI DESA KUALA GASIB KECAMATAN KOTO GASIB DITINJAU DARI FIQIH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRISIP CHONIE MERINTIONA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Chonie Merintiona, (2022): “Analisis Praktik Pelaksanaan Jual Beli Kelapa Sawit Di Desa Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib Ditinjau Dari Fiqih Muamalah” Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh praktik pelaksanaan jual beli kelapa sawit di Desa Kuala Gasib yang dilakukan secara berulang-ulang antara toke dengan petani. Jual beli kelapa sawit yang dilakukan para toke yaitu menggunakan timbangan gantung berkapasitas 110 Kg dengan alat bantu meja timbangan. Namun para toke melakukan pemotongan 10 Kg untuk berat meja timbangan, sedangkan berat meja timbangan yang dimilikinya tidak mencapai 10 Kg dan terkadang pada saat menimbang dilakukan dengan terburu-buru sehingga hasil tidak akurat. Adapun alasan toke melakukan pemotongan karena toke menanggung biaya transportasi, upah pekerja, sortasi, dll serta pekerja dari toke terkadang menimbang dengan terburu-buru karena faktor waktu dan cuaca. Namun salah satu faktor penyebab petani tetap melaksanakan praktik jual beli tersebut yaitu petani tidak bisa secara langsung menjual hasil panennya ke pabrik karena terkendala alat transportasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis praktik pelaksanaan jual beli kelapa sawit di Desa Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib dan bagaimana analisis praktik pelaksanaan jual beli kelapa sawit di Desa Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib ditinjau dari fiqih muamalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis praktik pelaksanaan jual beli kelapa sawit di Desa Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib dan untuk mengetahui analisis praktik pelaksanaan jual beli kelapa sawit di Desa Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib ditinjau dari fiqih muamalah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Desa Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 orang, yaitu 9 orang petani sawit dengan teknik random sampling yang diambil 7% dari jumlah populasi dan 3 orang toke sawit dengan teknik total sampling. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode penulisan adalah deskriptif kualitatif. Jual beli yang dilakukan masyarakat di Desa Kuala Gasib bertujuan untuk mendatangkan kemudahan. Jual beli ini sudah sesuai dengan akad yang disepakati dan hal ini dapat dijadikan dasar hukum bolehnya praktik pelaksanaan jual beli dengan sistem pemotongan dengan catatan adanya keihklasan dan keridhaan pihak yang bersangkutan. Jika ditinjau dari fiqih muamalah, praktik ini terdapat ketimpangan dalam pelaksanaannya. Toke melakukan pemotongan dari hasil penimbangan dan terkadang menimbang dengan terburu-buru, tetapi karena petani sudah mengikhlaskan pemotongan tersebut terkurang dan terlebihnya maka hal ini dibolehkan dengan catatan toke melakukan pemotongan tidak melebihi standar. Kata Kunci: Fiqih Muamalah, Jual Beli, Desa Kuala Gasib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:01
Last Modified: 12 Jul 2022 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61127

Actions (login required)

View Item View Item