DWI MELLY SAPUTRI, - (2022) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN E-LEARNING MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UNiversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Melly Saputri (2022) : Perbandingan Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom dan E-Learning Madrasah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan E-Learning Madrasah pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pada penelitian ini dalam proses pembelajaran peneliti sebagai pengajar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan E-Learning Madrasah dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian komparatif dengan desain penelitian Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MAN 3 Kota Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah perbandingan pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan E-Learning Madrasah terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di MAN 3 Kota Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 orang siswa dari 2 kelas X IPA MAN 3 Kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 72,50 dan kelas eksperimen 2 adalah 81,14. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dimana untuk melihat hasil belajar siswa dilakukan uji t menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,086a>a1,994) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Google Classroom dengan siswa yang menggunakan E-Learning Madrasah. Hal ini dikarenakan siswa yang menggunakan E-Learning Madrasah lebih aktif dan memiliki respon lebih cepat dibandingkan siswa yang menggunakan Google Classroom. Kata Kunci : Perbandingan, Hasil Belajar, Daring, Google Classroom, E-Learning Madrasah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 02:22 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 02:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61125 |
Actions (login required)
View Item |