Muhammad Alvin, - (2022) IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
Muhammad Alvin - 11751102249.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rasulullah membekali Al-Quran dan Hadist kepada umat manusia sebagai pedoman hidup yang menuntun ke jalan yang baik dan benar. Al-Quran merupakan kitab suci yang mengandung ilmu yang wajib diberikan kepada anak terlebih dahulu. Memperkenalkan Al-Quran kepada anak harus dilakukan sejak berusia dini agar tumbuh sesuai dengan fitranya. Namun, sebelum Al-Quran dijadikan sebagai pedoman hidup maka langkah awal yang dilakukan adalah bagaimana membaca Al-Quran yang baik dan benar. Berdasarkan wawancara dengan Ketua Lembaga Pengambangan Tilahwatil Qur’an (LPTQ) kecamatan Pekanbaru Kota mengatakan persentase siswa Sekolah Dasar (SD), Madrasyah Diniyah Awaliyah (MDA) dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) yang dapat membaca Al-Quran sampai ketingkat Tajwid hanya 40%. Penelitian ini bertujuan untuk meilhat faktor yang mempengaruhi terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa Sekolah Dasar (SD). Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik association rule algoritma FP-Growth. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang terdiri dari 19 atribut dengan 214 record data. Hasil rule yang ditemukan dari penelitian ini sebanyak 163 rule dengan menggunakan nilai minimum support 30% dan nilai minimum confidence 50%. Hasil dari perhitungan ini hanya mengambil item makhroj, Panjang pendek dan tajwid. Dan menghasilkan rule dengan kombinasi 2 itemset dengan nilai support dan confidence tertinggi adalah kombinasi jika Panjang Pendek buruk maka Makhroj Buruk dengan nilai support 66%, nilai confidence 99% dan nilai lift ratio 1.47125.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 08:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 08:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/61016 |
Actions (login required)
View Item |