Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANTISIPASI HOAX PERSPEKTIF HADIS (Kajian Hadis Tematik)

ARISMAN, - (2022) ANTISIPASI HOAX PERSPEKTIF HADIS (Kajian Hadis Tematik). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ANTISIPASI HOAX PERSPEKTIF HADIS (Kajian Hadis Tematik)”. Hoax (berita bohong) adalah suatu informasi yang sangat meresahkan banyak orang, kemunculannya erat kaitannya dengan media sosial sekarang seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dll. Di suatu sisi media sosial sangat berguna dan juga dapat berbahaya bagi penggunanya, bijaklah dalam mermedia sosial jangan merugikan satu sama lain, karena hoax sangat merugikan baik itu Negara, Politik, Ekonomi dll. Data terlama kominfo tahun 2007 mencatat lebih dari 800 ribu situs di Indonesia yang terindikasi penyebar berita hoax, ujaran kebencian, konten bernada SARA dan pornografi, dan data tahun 2021 terdapat 13 isu hoax tentang Covid-19. Rumusan masalah: Apa saja lafadz hadis yang berkonotasi tentang hoax? dan bagaimana antisipasi hoax perspektif hadis?. Jenis penelitian ini: Kepustakaan (library research) dan metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian: Adapun hasil pencarian dari lafadz yang berkonotasi tentang hoax yang tercantum dalam Kutub al-Tis‟ah sangatlah banyak, adapaun hadis di antaranya : Larangan berbohong/berdusta atas nama nabi, larangan menceritakan setiap apa yang didengar, berdusta tanda kemunafikan, keburukan bagi pendusta, boleh berdusta saat tertentu, akibat berbohong, berbohong adalah dosa besar, boleh berbohong dalam tiga keadaan, sebesar-besar kebohongan ada tiga, jahuilah prasangka buruk. Pencarian hadis tersebut melalui kitab takhrij Mu‟jam al-Mufarrasy dan Miftah al-Khunuz al-Sunnah. Hadis juga menjawab atau mengantisipasi hoax sekarang ini, yaitu dengan cara Anjuran tabayyun atau tinggalkan yang tidak bermanfaat, larangan Namimah (mengadu domba), larangan mencaci maki, larangan tergesa-gesa dalam menyikapi masalah, anjuran hadis agar berkata yang baik-baik, anjuran hadis menghindari buruk sangka dan anjuran untuk melawan hoax. Kata Kunci : Antisipasi, Hoax, dan Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.12516 Studi Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:47
Last Modified: 07 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60979

Actions (login required)

View Item View Item