REFIANITA ANGGRAINI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA TEMA 3 MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 018 KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Refianita Anggraini, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Example Non Example Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Tema 3 Muatan Pelajaran IPA di Kelas IV SDN 018 Kuok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada tema 3 muatan pelajaran IPA melalui model pembelajaran example non example berbantuan media roda putar di kelas IV SDN 018 Kuok yang dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 20 siswa. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran example non example berbantuan media roda putar dan pemahaman konsep. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran example non example berbantuan media roda putar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 44,95 dengan kategori kurang. Setelah diterapkan model pembelajaran example non example berbantuan media roda putar pada siklus I pemahaman konsep siswa mencapai rata-rata 59,27 dengan kategori cukup. Pada siklus II pemahaman konsep siswa semakin meningkat dengan rata-rata 77,8 dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example berbantuan media roda putar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 3 muatan pelajaran IPA di kelas IV SDN 018 Kuok. Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non Example, Media Roda Putar, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 08:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 08:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60971 |
Actions (login required)
View Item |