Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMUNIKASI INOVASI APLIKASI SAMPAN LEPER DI PENGADILAN AGAMA TEMBILAHAN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL KEPADA MASYARAKAT

HAWA MILENIA MAGHFIRAH, - (2022) KOMUNIKASI INOVASI APLIKASI SAMPAN LEPER DI PENGADILAN AGAMA TEMBILAHAN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL KEPADA MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Hawa Milenia Maghfirah Jurusan : Ilmu Komunikasi (Public Relation) Judul : Komunikasi Inovasi Aplikasi SAMPAN LEPER di Pengadilan Agama Tembilahan Untuk Memberikan Pelayanan Publik Berbasis Digital Kepada Masyarakat. Dampak dari meningkatnya angka Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir mempengaruhi pelayanan publik di Pengadilan Agama Tembilahan menjadi terhambat dan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk berperkara di Pengadilan Agama Tembialahan. Hal inilah yang membuat Pengadillan Agama Tembilahan mengeluarkan sebuah inovasi berbasis digital bernama Sistem Administrasi Panjar dan Layanan Elektronik Perkara yang bertujuan untuk memudahkan sistem pelayanan publik agar lebih efektif, efisien dan transparan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi inovasi aplikasi SAMPAN LEPER di Pengadilan Agama Tembilahan untuk memberikan pelayanan publik berbasis digital kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan empat tahap teori difusi inovasi menurut Everett M Rogers yaitu pada tahap inovasi, menunjukkan bahwa Pengadilan Agama Tembilahan melakukan komunikasi inovasi aplikasi SAMPAN LEPER kepada masyarakat dengan mengganti sistem pelayanan yang awalnya manual menjadi sistem pelayanan digital yang mempermudah masyarakat dalam perhitungan biaya panjar dan mengetahui persyaratan berperkara. Tahap saluran komunikasi, yang digunakan yaitu media massa dan komunikasi interpersonal. Pada tahap waktu, proses komunikasi inovasi berjalan dari November 2021 hingga Maret 2022 selama priode ini aplikasi SAMPAN LEPER mencapai 675 pengguna. Tahap sistem sosial, melibatkan Pengadilan Agama Tembilahan sebagai inovator, ketua dan hakim Pengadilan Agama Tembilahan sebagai agen pembaharu, dan masyarakat sebagai penerima inovasi. Kata Kunci: Komunikasi Inovasi, Pelayanan Publik, Sistem Administrasi Panjar dan Layanan Elektronik Perkara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:28
Last Modified: 05 Jul 2022 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60921

Actions (login required)

View Item View Item