Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) UNTUK MENANAMKAN KETERAMPILAN 4C (COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING, DAN CREATIVITY AND INNOVATION) PADA ANAK USIA DINI

MIA MARWIYAH, - (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) UNTUK MENANAMKAN KETERAMPILAN 4C (COMMUNICATION, COLLABORATION, CRITICAL THINKING AND PROBLEM SOLVING, DAN CREATIVITY AND INNOVATION) PADA ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIA MARWIYAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mia Marwiyah, (2022): Analisis Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Untuk Menanamkan Keterampilan 4C ( Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) Pada Anak Usia Dini. Pada abad 21 ini, sekolah dituntut untuk memiliki keterampilan berkomunikasi (Communication), berkolaborasi (Collaboration), berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving), dan berpikir kreatif dan inovasi (Creativity and Innovation) atau disebut dengan 4C. Dengan adanya model pembelajaran STEAM diharapkan mampu menjembatani untuk menanamkan kererampilan abad 21 khusus pada anak uisa dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pembelajaran STEAM (Science,Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Untuk Menanamkan Keterampilan 4C Pada Anak Usia Dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis isi ( Content Analysis). Hasil penelitian ini yaitu 1) pembelajaran STEAM pada anak usia dini dapat menumbuhkan konsep dan keterampilan 4C yang dipelajari sejak anak lahir hingga usia 8 tahun merupakan prekursor yang signifikan bagi pembelajaran dan prestasi sekolah anak selanjutnya. 2) Pembelajaran STEAM dapat dipadukan dengan beberapa metode pembelajaran dalam menanamkan dan mengembangkan keterampilan 4C. 3) Pembelajaran STEAM sejalan dengan kurikulum 2013 serta dapat mewujudkan tujuan kurikulum serta Sebagai inovasi pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran abad 21. Sehingga guru dapat menstimulus skill abad 21 yaitu creativity, critical thinking, Collaborasi, communication pada lembaga pendidikan khsusnya pendidikan anak usia dini. Kata kunci : STEAM, Keterampilan 4C, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:26
Last Modified: 06 Jul 2022 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60913

Actions (login required)

View Item View Item