Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE AL-QUR’AN UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PADA ANAK KPENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE AL-QUR’AN UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN HULU INDRAGIRI HILIR RIAUELOMPOK B PAUD SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN HULU INDRAGIRI HILIR RIAU

BIMA HARYANI, - (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE AL-QUR’AN UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PADA ANAK KPENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PUZZLE AL-QUR’AN UNTUK MENGINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PADA ANAK KELOMPOK B PAUD SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN HULU INDRAGIRI HILIR RIAUELOMPOK B PAUD SABILAL MUHTADIN TEMBILAHAN HULU INDRAGIRI HILIR RIAU. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENYAJIAN)
BAB IV HASIL PENYAJIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Alat Permainan Puzzle Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menghafal pada anak kelompok B. Dilatar belakangi dengan media agar anak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B dengan objeknya meningkatkan kemampuan mengahafal anak kelompok B. Dengan sampel 8 orang anak. Jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan data yang diperoleh dari masukan validator pada tahap validasi, masukan ahli media dan menggunakan statistic dengan pengukuran skala likert. Berdasarkan penelitian, rata-rata penilaian validator ahli materi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 94,2% penilaian ahli media mendapatkan persentase 85,7%, penilaian guru mendapatkan persentase 83,9% sehingga penilaian validator dikategorikan “sangat layak”. Dan dalam uji coba produk memperoleh hasil kegiatan (pre-test) 41,74% sedangkan pada kegiatan (post-test) sebesar 80,35% dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 38,61%, sehingga dapat disimpulkan produk hasil pengembangan Alat Permainan Puzzle Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menghafal pada anak kelompok B PAUD Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu Indragiri Hilir Riau Layak untuk digunakan. Kata kunci : Alat Permainan Puzzle Al-Qur’an, Kemampuan Menghafal Anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:18
Last Modified: 04 Jul 2022 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60805

Actions (login required)

View Item View Item