Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POTRET KELUARGA SAKINAH PADA KISAH NABI IBRAHIM AS DALAM AL-QUR’AN

Mawaddatul Husna, - (2022) POTRET KELUARGA SAKINAH PADA KISAH NABI IBRAHIM AS DALAM AL-QUR’AN. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Potret Keluarga Sakinah Pada Kisah Nabi Ibrahim AS”. Kekacauan hidup berkeluarga menjadi masalah yang serius. Tingginya angka perceraian di Indonesia padahal mayoritas muslim. Meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga membuat anggota kelurga menjadi tidak sakinah. Padahal Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur’an kisah keluarga yang bisa dijadikan contoh kehidupan berumah tangga. Teladan yang dikisahkan dalam Al-Qur’an adalah kisah Nabi Ibrahim. Keluarga sakinah merupakan lingkungan sosial terkecil dalam kehidupan manusia yang semua anggotanya merasakan kedamaian dan ketentraman. Potret keluarga sakinah dalam Islam dibangun dari nilai-nilai spiritual dengan tujuan menciptakan kedamaian. Hal ini telah dilalui oleh keluarga Nabi Ibrahim AS dalam hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potret keluarga sakinah pada kisah keluarga Nabi Ibrahim AS yang terdapat pada tafsir surah Ibrahim:37, Maryam 42-43, Ash-Shaffat:102, Al-Mumtahanah:4. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penafsiran ayat yang berkaitan dengan keluarga Nabi Ibrahim dan potret keluarga sakinah Nabi Ibrahim. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis. Metode tafsir yang digunakan adalah metode tafsir maudhu’i dengan sumber data primer dan sekunder berasal dari sumber kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan ayat tentang keluarga Nabi Ibrahim terdapat indikator yaitu: suami dan istri yang shaleh, anak-anak yang baik, pergaulan baik, dan berkecukupan rezeki. Potret keluarga sakinah Nabi Ibrahim terlihat ketika kerelaan Sarah terhadap suaminya untuk menikah lagi, juga ketika kepasrahan Hajar yang ditinggalkan oleh suaminya ditengah padang pasir yang gersang tak berpenghuni. Nilai yang bisa diteladani dari kisah Nabi Ibrahim yaitu, keimanan, kesabaran, toleransi, uswatun hasanah, bersyukur. Kata Kunci : Potret, Keluarga Sakinah, Nabi Ibrahim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 29 Jun 2022 05:06
Last Modified: 29 Jun 2022 05:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60724

Actions (login required)

View Item View Item