Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LABEL HALAL MUI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUCT COSMETIC (Di Kalangan Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau)

FADLIL RAHMI, - (2022) PENGARUH LABEL HALAL MUI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUCT COSMETIC (Di Kalangan Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Dan Hukum UIN Suska Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FADLIL RAHMI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fadlil Rahmi (2022): Pengaruh Label Halal MUI Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Product Cosmetic. Loyalitas konsumen adalah komitmen yang dipegang teguh untuk membeli atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai di masa depan meskipun pengaruh situasi. Tuntutan konsumen terhadap produk halal semakin besar, mereka tidak hanya menuntut produk yang higienis dalam kosmetik yang mereka gunakan, tetapi juga halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal MUI terhadap loyalitas konsumen pada product cosmetic. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 558 orang dan jumlah sampel 62 orang, ditentukan dengan teknik Disproportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu instrument peneltian, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis penelitian dengan bantuan software SPSS 20. Hasil dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa nilai R Square = 0,668 atau 66,8%. Maka Label Halal (Variabel X) berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen (Variabel Y) sebesar 66,8% dan sisanya (100% - 66,8% = 33,2%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil Uji t Variabel labelitas halal memiliki thitung 10.982 dengan ttabel 0,254. Jadi, thitung > ttabel dapat disimpulkan bahwa variabel label halal (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas konsumen (Y). Label halal pada kemasan kosmetik menunjukkan bahwa produk kosmetik sudah sesuai dengan syariah. Menurut ekonomi syariah diwajibkan bagi seorang Muslim untuk mengkonsumsi hal – hal yang halal, baik halal menurut sifat zatnya, halal proses dan cara perolehannya. Kata kunci : Label Halal, Loyalitas Konsumen, Kosmetik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:49
Last Modified: 29 Jun 2022 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60716

Actions (login required)

View Item View Item