ADELINA ZAHIDA FATHONAH, - (2022) KURIKULUM TERINTEGRASI DI SEKOLAH TAHFIZH PLUS KHOIRU UMMAH PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
|
Text
BAB 1-5 TANPA bAB 4 .pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Adelina Zahida Fathonah, (2022) : “Kurikulum Terintegrasi di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Pekanbaru.” Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Pekanbaru merupakan salah satu sekolah informal yang menempatkan anak sebagai subjek pendidikan. Kurikulum pada sekolah informal tidak ditentukan oleh pemerintah melainkan ditentukan oleh lembaganya sendiri. Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Pekanbaru mempunyai kurikulum rancangan sendiri yaiu kurikulum yang diintegrasikan dengan Akidah Islam. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui (1) Konsep Kurikulum Terintegrasi di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Pekanbaru. (2) Implementasi kurikulum terintegrasi di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Pekanbaru. Untuk mengetahui permasalahan tersebut, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mengolah data dan mendiskripsikan keadaan sesuai dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kurikulum terintegrasi dengan Akidah Islam yaitu adanya pengintegrasian setiap mata pelajaran dengan Akidah Islam. Tujuan akan kurikulum berbasis Akidah Islam ini tidak hanya menekankan pada keagamaan saja melainkan ilmu umum juga diharapkan dapat dikuasai siswa dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai keislaman. Sedangkan implementasi kurikulum terintegrasi dengan Akidah Islam dilakukan dalam tiga tahap. Tahap awal meliputi persiapan/perencanaan kurikulum dan perencanaan pembelajaran, tahap kedua berisi tentang program pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan metode pembelajaran. Dan tahap akhir meliputi kontrol dan evaluasi. Kata Kunci : Kurikulum terintegrasi, Akidah Islam.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/60700 |
Actions (login required)
View Item |